Tipis, Italia Taklukkan Inggris

Bola Mania - Italia berhasil meraih hasil maksimal pada laga perdana Piala Dunia. Menjamu Inggris di Estadio Amazonia, Nerazzuri mengalahkan The Three Lions dengan skor tipis 2-1.

Italia unggul lebih dahulu melalui gol Marchisio. Sturridge sempat memaksa skor sama kuat setelah menaklukkan Salvatore Sirigu dari jarak dekat. Gol dari Balotelli pada babak kedua mengunci kemenangan Italia.

Babak I

Kedua tim langsung saling menggebrak begitu peluit pertama dimulai. Hanya saja, Inggris tampak lebih berbahaya melalui tusukan-tusukan Sturridge di sisis kanan kiri pertahanan Italia.

Kombinasinya dengan Rooney benar-benar membuat lini pertahana Italia kerepotan. Salvatore Sirigu yang kalai ini tampil di bawah mistar gawang dibuat harus melakukan penyelamatan berulang kali.

Namun justru Italia yang lebih dulu memimpin via Marchisio pada menit 36. Gelandang Juventus itu melepas tendangan keras mendatar dari luar kotak penalty yang gagal dijangkau Joe Hart.

Gol itu tak bertahan lama karena Sturridge langsung menjadi pembeda. Melalui sebuah skema serangan balik, Wayney Rooney mengirim umpan manja ke tengah kotak penalty Gli Azzuri. Sturridge yang tak terkawal dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang Salvatore Sirigu.

Selepas gol itu, kedua tim tetap terlibat jual beli serangan. Balotelli hampir mencetak gol indah saat bola lob-nya berhasil dihadang tepat di garis kotak oleh barisan pertahananTiga Singa.
Tendangan Candreva beberapa detik berselang pun hanya bisa menerpa tiang gawang.

Skor imbang menutup babak pertama.

Babak II

Inggris langsung menggebrak begitu babak kedua dimulai. Sebuah tendangan keras dari luar kotak penalty kembali memaksa Sirigu melakukan penyelamatan gemilang.

Namun justru Italia yang kembali unggul. Mario Balotelli menanduk masuk sebuah umpang silang dari Candreva pada menit 50. Bola yang datang dari jarak dekat itu tak mampu dibendung Joe Hart. Italia 2, Inggris 1.

Permainan terbuka yang diperagakan kedua tim membuat kedua tim banjir peluang. Wayney Rooney mencoba peruntungannya pada menit 53 Tapi kali ini tendangan Wazza masih menyamping di sisi kiri. Sementara di kubu Inggris, Joe Hart memotong sebuah umpan berbahaya yang bisa saja disontek menjadi gol oleh Balotelli pada menit 59.

Sirigu benar-benar menggantikan peran Buffon dengan baik. Setelah tendangan Rooney dalam kotak penalty hanya menyamping beberapa centimeter, ia kembali memperlihatkan respon positif menghadang tendangan Ross Barkley pada menit 63. Ada pun Barkley masuk menggantikan Wellbeck tiga menit sebelumnya.

Peluang Inggris lagi-lagi mentah di tangan kiper PSG itu. Tendangan bebas melengkung ciamik dari Leighton Baines gagal menjadi gol setelah Sirigu kembali melakukan penyelamatan yang ke sekian dalam pertandingan itu. Tendangan bebas pada menit 78 itu diberikan setelah Sturridge dilanggar Chiellini di depan kota penalty.

Sisa pertandingan lebih banyak diwarnai di lini tengah. Italia tampak mulai merapatkan barisan pertahanan dan menjaga tempo sambil sesekali menyusun serangan balik cepat. Sementara serangan inggris lebih banyak monoton dan gagal membongkar pertahanan Grendel Italia.

Saat pertandingan nyaris berakhir, Pirlo mengeksekusi tendangan bebas yang sayangnya hanya menerpa mistar gawang. Peluang pada menit 93 itu meutup pertandingan dengan dengan kemenangan 2-1 untuk Italia. | Taufik Husni| Foto:dailymail.co.uk