Empat Amerika Masih Sempurna

Bola Mania - Tim-tim dari Benua Amerika sejauh ini menampilkan performa impresif dalam masing-masing laga perdana di Piala Dunia 2014. Hingga saat ini, keempat tim asal benua Amerika yang telah tampil memetik hasil maksimal. 

Tim Amerika pertama yang memetik kemenangan adalah tuan rumah Brasil. Anak-anak asuh Felipe Scolari ini mengalahkan Kroasia 3-1 pada laga pembuka Piala Dunia di Arena Corinthias di Sao Paolo. Kemenangan ini juga meneruskan tradisi Brasil yang selalu menang jika tampil sebagai pembuka turnamen akbar empat tahunan itu. 

Di Federasi yang lain di benua yang sama, Meksiko menghempas perlawanan Kamerun. Satu gol dari Peralta sudah cukup untuk membuat La Tri menempel Brasil di klasemen sementara Grup A. Chile juga menunjukkan dominasi atas lawannya Australia di Grup B. Arturo Vidal dan menghempaskan perlawanan The Socceroos Australia dengan skor 3-1. Gol-gol kemenangan ini dicetak Alexis Sanchez, Jorge Valdivia, dan Jean Beausejour. Sementara gol hiburan Australi dipersembahkan Tim Cahill.

Tim keempat asal benua itu yang meraih kemenangan adalah Kolombia. Menjamu negeri para dewa, Yunani, The Cofferos -julukan Kolombia merujuk ke negara itu sebagai penghasil kopi- memetik kemenangan meyakinkan. Tiga gol dari Armero, Gutierrez, dan Jamez Rodriguez membenamkan perlawanan Yunani tiga gol tanpa balas. 

Benua Amerika mengirim 11 wakil di Piala Dunia. Kesebelas tim itu berada di dua konfederasi berbeda, masing-masing empat negara dari Amerika Utara (CONCACAF) dan enam lainnya dari Amerika Latin (Conmebol). | Manah Rusli | Foto: canada.com