Turun Minum, Ekuador Ungguli Swiss 1-0

Bola Mania - Ekuador untuk sementara berhasil mengungguli Swiss dalam laga perdana Grup E Piala Dunia 2014. Gol dicetak oleh Enner Valencia memanfaatkan tendangan bebas dari Ayovi.

Pada menit-menit awal, permainan berjalan lamban dengan bola lebih banyak bergulir di sisi tengah lapangan. Kedua tim nampak masih ragu-ragu untuk bermain spartan dan tampak saling meraba kekuatan lawan.

Tempo mulai meningkat sejak pertandingan memasuki seperempat jam. Sebuah tendangan keras pada menit 15 dari Xherdan Shaqiri mengancam gawang Alexander Dominguez. Sayang, bola masih bisa ditangkap dengan baik hingga tak mengubah skor kacamata.

Antonio Valencia langsung membalas ancaman itu sesaat berselang. Lagi-lagi, skor tak berubah karena tendangannya dari dalam kotak penalti melambung tinggi di atas mistar gawang.

Gol yang ditunggu akhirnya tiba menit 21. Tendangan bebas dari sisi kiri lini serang Ekuador oleh Ayovi ditanduk dengan baik oleh Enner Valencia. Bola bergulir mulus ke gawang Swiss yang dijaga Diego Benaglio.

Tersengat, Swiss meningkatkan serangan ke kubu negara Amerika Latin itu. Beberapa peluang hadir melalui tendangan sudut. Salah satunya saat tandukan Valon Behrami pada menit 32 memanfaatkan tendangan sudut masih bisa ditangkap Dominguez.

Dominguez kembali unjuk kebolehan saat memotong crossing Shaqiri menit 36. Sebelumnya ia juga menepis tendangan keras Gokhan Inler dari luar kotak penalti.

Meski terus menyerang, Swiss tak kunjung mampu menjebol gawang Ekuador untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama. | Manah Rusli