Dramatis, Swiss Taklukkan Ekuador

Bola Mania - Tim Nasional Swiss melalui comeback gemilang dengan mengalahkan Ekuador pada partai perdana Grup E Piala Dunia 2014. Sempat tertinggal pada babak pertama, Swiss berbalik unggul dan mengakhiri laga dengan skor 2-1. Kemenangan makin terasa manis karena gol penentu tercipta pada menit terakhir laga.

Pertandingan dimulai dengan tempo lamban dari kedua tim. Ekuador sempat memimpin melalui Enner Valencia pada babak pertama.

Perjuangan tak kenal lelah anak-anak Ottmar Hietfield berbuah manis.  Admer Mehmedi langsung menyamakan kedudukan begitu babak kedua dimulai. Satu gol dari pemain pengganti Haris Safirofic pada menit 93 memastikan kemenangan Shaqiri dan kolega.

Swiss sementara memimpin Grup E dengan poin 3.   

Babak I

Pada menit-menit awal, permainan berjalan lamban dengan bola lebih banyak bergulir di sisi tengah lapangan. Kedua tim nampak masih ragu-ragu untuk bermain spartan dan tampak saling meraba kekuatan lawan.

Tempo mulai meningkat sejak pertandingan memasuki seperempat jam. Sebuah tendangan keras pada menit 15 dari Xherdan Shaqiri mengancam gawang Alexander Dominguez. Sayang, bola masih bisa ditangkap dengan baik hingga tak mengubah skor kacamata.

Antonio Valencia langsung membalas ancaman itu sesaat berselang. Lagi-lagi, skor tak berubah karena tendangannya dari dalam kotak penalti melambung tinggi di atas mistar gawang.

Gol yang ditunggu akhirnya tiba menit 21. Tendangan bebas dari sisi kiri lini serang Ekuador oleh Ayovi ditanduk dengan baik oleh Enner Valencia. Bola bergulir mulus ke gawang Swiss yang dijaga Diego Benaglio.

Tersengat, Swiss meningkatkan serangan ke kubu negara Amerika Latin itu. Beberapa peluang hadir melalui tendangan sudut. Salah satunya saat tandukan Valon Behrami pada menit 32 memanfaatkan tendangan sudut masih bisa ditangkap Dominguez.

Dominguez kembali unjuk kebolehan saat memotong crossing Shaqiri menit 36. Sebelumnya ia juga menepis tendangan keras Gokhan Inler dari luar kotak penalti.

Meski terus menyerang, Swiss tak kunjung mampu menjebol gawang Ekuador untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama

Babak II

Swiss langsung menggebrak begitu interval kedua dimulai. Dua menit usai jeda, Admer Mehmedi menanduk masuk peluang pertama yang hadir melalui tendangan sudut. Swiss 1, Ekuador 1.

Kecolongan gol penyama, Ekuador keeluar menyerang. Jefferson Montero melepas tendangan yang masih menyampisi di sisi gawang Swiss pada menit 55.

Enner Valencia kembali membuat fan Swiss ketar-ketir. Meliuk-liuk di depan kotak penalti La Nati, ia melepas tendangan keras yang sayangnya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit 65, kiliran Montero yang merepotkan Benaglio. Tendangannya dari jarak dekat masih dapat ditahan dengan susah payah oleh kiper Swiss itu.

Swiss sempat mencuri gol menit 68. Tapi sayang wasit menganulir sehingga skor masih belum berubah. Peluang Shaqiri tiga menit berselang juga belum membuahkan hasil.

Kedua tim terus menyerang satu sama lain. Namun penyelesaian akhir yang buruk ditambah penyelamatan kiper membuat gol yang ditunggu-tunggu urung tiba.


Hingga akhirnya Safirofic muncul menjadi pahlawan. Diawali serangan balik cepat dari Valon Bahremi, bola dikirim ke sisi kanan pertahanan lawan. Bola kemudian dicrossing ke sisi tengah dan disambar Safirofic tepat di mulut gawang Ekuador. Dominguez tak berdaya untuk mencegah gol hingga akhirnya Swiss menutup laga dengan skor 2-1. | Manah Rusli | Foto: topbet.eu