"Era Kejayaan Barcelona Sudah Berakhir"

Bola Mania - Kiper legendaris Jerman, Oliver Kahn, menilai era kejayaan Barcelona di Eropa saat ini sudah berakhir. Pernyataan Kahn tersebut mengacu pada kesuksesan Bayern Muenchen meraih treble winners pada musim lalu.

Barcelona saat dibesut Pep Guardiola, yang kini melatih Bayern, sukses meraih tiga trofi Liga BBVA, dua Liga Champions, dan dua Copa Del Rey. Kahn pun optimistis Guardiola dapat tetap menjaga kesuksesan Bayern di Eropa bersama skuad Die Rotten.

"Saya percaya masa kejayaan Barcelona telah berakhir. Tidak ada tim-tim dominan di Eropa yang mesti ditakuti oleh klub Jerman," ujar Kahn yang sempat membela Bayern pada periode 1994 hingga 2008.

"Kesuksesan Bayern dapat dilihat dari perubahan dan ide-ide baru. Saya pikir mereka akan menemukan solusi untuk tugas ini dengan sejumlah pemain cerdas yang mereka miliki," tambahnya.

Di bawah arahan Guardiola, Bayern sukses meraih Piala Super Eropa 2013 setelah mengalahkan Chelsea pada 31 Agustus lalu. Saat ini, Bayern berada di peringkat kedua Bundesliga dengan poin 10, tertinggal dua angka dari Borussia Dortmund di puncak klasemen sementara. | kompas | Foto: conti-online.com