Rangking FIFA Terbaru, Indonesia Turun Satu Strip

Bola Mania – Federasi sepak bola internasional, FIFA, kembali mengumumkan daftar peringkat bulanan tim nasional sepak bola dunia. Dari hasil pemeringkatan FIFA, Indonesia harus menerima penurunan satu tingkat ke posisi 152 dari sebelumnya 151. Rilis terbaru ini dikeluarkan 8 Mei 2014.

Hasil negatif ini sekaligus memutus rangkaian hasil positif selama empat bulan berturut-turut belakangan ini. Selama empat bulan ke belakang, peringkat Indonesia di FIFA memang terus meningkat meski juga tak terlalu signifikan.

Tidak ada perubahan di daftar tiga besar. Spanyol masih memimpin pada peringkat pertama disusul Jerman dan Portugal. Brazil melonjat dua peringkat dari sebelumnya berada pada posisi enam menjadi peringkat empat.

Sementara di level Asia, Iran menjadi negara dengan peringkat paling tinggi. Negeri Ayatollah Khomeini itu menduduki peringkat satu Asia dan berada pada peringkat 37 dunia. Jepang menyusul di peringkat dua (47 dunia) disusul Uzbekiztan pada peringkat ketiga (53 dunia).

Peringkat tertinggi Asia Tenggara masih menjadi milik Vietnam, yang berada pada posisi 16 Asia dan 116 dunia. Di bawahnya Filipina, Thailand, dan Malaysia yang masing-masing menduduki peringkat 21, 22, dan 23 Asia serta 140, 143, dan 145 dunia.

Di bawahnya lagi masih ada Singapura yang berada pada peringkat 25 Asia dan 147 dunia. Baru di bawahnya Indonesia menyusul dengan peringkat 27 Asia dan 152 dunia. | Taufik Husni | Foto: sumsel.tribunnews.com