UEFA dan Komisi Eropa Bahas Masa Depan EURO


Bola Mania - Presiden UEFA Michel Platini bertemu dengan Presiden Komisi Eropa, Jose Manuel Barroso, Senin (8/4) di Brussels, Belgia. Di sana mereka membahas beberapa tantangan yang dihadapi sepak bola Eropa. Ini adalah pertemuan ketiga mereka setelah pertemuan pada 2007 dan 2011 silam.

Topik yang dibahas di antaranya, UEFA EURO 2020, kepemilikan pihak ketiga pemain, fair play keuangan, perang melawan pengaturan pertandingan, dan transfer internasional.

Kedua Presiden itu, juga menyoroti hubungan positif antara UEFA dan Uni Eropa. Berbagai kebijakan yang diambil oleh UEFA dalam rangka meningkatkan tata kelola dalam sepak bola Eropa, seperti keputusan UEFA terkait tahapan UEFA EURO 2020 di 13 negara di seluruh Eropa.

"Olahraga -sepakbola khususnya- memiliki tempat yang sangat penting dalam kehidupan negara-negara Eropa," kata Barroso setelah pertemuan seperti ditulis di situs resmi UEFA.

"Banyak sesama warga kami mengalami realitas Eropa melalui pertandingan sepak bola antar negara. Kerjasama antara Komisi Eropa dan UEFA sangat konstruktif -dalam wilayah masing-masing- untuk olahraga dan untuk Eropa."

Michel Platini menambahkan, "Saya senang bahwa kami mempertahankan hubungan kerja yang sangat baik dengan lembaga-lembaga Eropa pada umumnya dan Komisi Eropa khususnya, terutama mengenai penerapan fair play keuangan di sepak bola Eropa, masalah terkait dengan kepemilikan pihak ketiga pemain, dan organisasi turnamen akhir EURO di beberapa negara Eropa."

"UEFA dan saya secara pribadi berkomitmen untuk mengejar kerjasama ini pada topik yang menjadi kepentingan bersama," kata Platini. | Jamal Khadafi | Foto: uefa.com