Tanpa Messi dan Puyol, Xavi tetap Optimis Barca Lewati PSG

Bola Mania - Leg II perempat final Liga Champion akan kembali tersaji dua hari lagi. Barcelona akan menghadapi tantang PSG di Camp Nou dan Juventus gantian menjamu bayern Muenchen di Juventus Stadium.

Bagi Barcelona, bermain di kandang dengan hasil menahan imbang lawan 2-2 di laga tandang adalah sebuah keuntungan. Barca hanya perlu hasil imbang dengan skor di bawah 2-2 untuk lolos ke tahap empat besar.

Namun perjalanan Barcelona menjadi berat tanpa super star Lionel Messi. Sudah bukan rahasia bahwa penyerang Argentina itu merupakan nyawa permainan Barcelona. Sembilan gol di ajang UCL musim ini dan 43 di liga lokal merupakan bukti sahihnya.

Tapi bagi Xavi Hernandez, ketiadaan Messi bukanlah halangan bagi Barca untuk meraih hasil maksimal nanti. Ia tetap optimis dan menargetkan kemenangan demi menjaga asa menjuarai kompetisi terakbar antar klub Eropa.

Selain Messi, Barca juga kehilangan Mascherano dan Carlos Puyol. Messi dan Mascherano cedera pada laga kontra PSG leg pertama kemarin, sedang Puyol sudah tak memperkuat barca dalam jangka waktu yang relatif lama.

"Ketiadaan mereka adalah kehilangan besar. Tapi itu (melawan PSG minggu lalu) hasil yang bagus. Kami favorit (untuk lolos)," kata Xavi dalam wawancara dengan tim dari Uefa.com, sebagimana dilansir situs resmi Barcelona.

Xavi juga menyebut Barcelona punya pemain lainnya yang dapat menggantikan setiap pemain yang absen. Pemain yang menjadi pengganti nantinya juga diyakini sang gelandang mempunyai kualitas sepadan dengan yang digantikan. "Kita akan melihat apa yang akan diputuskan boss (Villanova). Ada pemain yang cukup untuk dibawa menjadi pengganti (sepadan)," tambah wakil kapten Barcelona itu.

Barcelona memang telah menunjukkan tajinya meski tanpa seorang Messi. Pada pertandingan terakhir yang juga tanpa La Pulga, Barcelona mempermak Mallorca lima gol tanpa balas. Fabregas yang diplot menjadi penyerang tengah memborong tiga gol di antaranya.

Namun demikian, Xavi tetap meminta rekan-rekannya untuk mewaspadai ancama yang dapat dihadirkan tim tamu. "PSG memiliki tim yang bagus. Mereka cepat di lini depan dan bermain baik dalam melakukan serangan balik. "Mereka bukan gorengan kecil, mereka tim besar," kata Xavi. | Taufik Husni | Foto: fcbarcelona.com