Platini Ingin Peserta Piala Dunia Menjadi 40 Negara

Bola Mania - Jumlah peserta Piala Dunia menurut Michael Platini, Presiden federasi sepak bola Eropa sudah seharusnya ditambah. Saat ini, jumlah peserta Piala Dunia adalah 32 negara. Menurut Platini, jumlah ideal peserta Piala Dunia adalah 40 negara.

Dikutip dari Sky Sports, Platini menyebut penambahan kontestan itu tak akan banyak mengubah penyelenggaraan Piala Dunia. Hanya dibutuhkan tiga hari tambahan masa kompetisi. Sebaliknya, audiens penikmat Piala Dunia secara  global juga ikut bertambah.

"Ini bagus untuk semuanya," kata Platini.

Menurutnya, penambahan dapat dilakukan dengan memberikan jatah yang lebih banyak untuk negara-negara Asia dan Afrika. "Kita dapat menambah dua negara Afrika, dua dari Asia, dua dari Amerika, dan satu dari Eropa. Saya mendukung ide ini sepenuhnya."

Saat ini Piala Dunia diikuti 32 negara. Eropa mendapat jatah 13 tim, Afrika 5, Amerika Selatan 5 setengah (termasuk Brazil yang menjadi tuan rumah), Asia 4 setengah, Amerika Utara 3 setengah, dan zona Oceania setengah jatah.

Jumlah setengah itu maksudnya adalah tim terakhir harus melalui play off dengan tim terakhir dari zona lain. Ini yang terjadi dengan Jordania yang harus berjumpa Uruguay untuk memperebutkan satu tiket tersisa dari jatah untuk zona Amerika Latin dan Asia. Jadi, jika Jordania menang, Asia diwakili lima kontestan dan Amerika Latin juga mengirim lima negara. Sebaliknya jika Uruguay menang, zona Conmebol (Amerika Latin) mengirim enam negara dan Asia hanya berhak diwakili empat kontestan. Hal yang sama berlaku untuk zona Oceania dan Amerika Utara.

"Ada banyak sekali negara, jadi kenapa harus mengurangi? Empat puluh (negara) tidak terlalu buruk. Anda punya tiga hari tambahan kompetisi dan Anda membuat orang senang lebih banyak lagi." | Erte Dipulo | Foto: telegraph.co.uk