Resmi Jadi Pelatih Barca, Matino: Ini Kesempatan Penting

Bola Mania - Barcelona mengumumkan di laman resminya tentang pelatih baru pengganti Tito Villanova. Pilihan jatuh kepada Gerardo 'Tata' Martino, pelatih berusia 50 tahun asal Argentina.

Martino adalah mantan pelatih Newell's Old Boys. Di klub Argentina itu, Martino mempersembahkan satu gelar Liga Agentina. Sebelumnya, Martno juga sukses di Liga Paraguay dengan empat gelar liga lokal.

Martino sendiri menyambut penunjukan dirinya sebagai pelatih dengan antusias. Ia mengaku tak menyangka dipilih oleh Barca, dan dan menilai ini sebagai kesempatan langka dan tantangan besar. "Saya sangat senang Barca memikirkan saya. Ini kesempatan yang sangat penting," Martino di situs resmi Barcelona.

"Malatih Barca artinya Anda melatih pemain-pemain terbaik di dunia," katanya lagi.

Martino disebut datang sebagai rekomendasi Leonel Messi. Pelatih satu itu memang disebut mempunyai gaya kepelatihan yang disukai oleh  bintang Argentina itu. Selain itu, Martino dan Messi juga sempat berada di satu klub yang sama, Newell's Old Boys, serta berasal dari kota yang sama pula, Rosario.

Secara khusus, Martino juga punya catatan sendiri untuk Leo Messi "Saya yakin, dalam kerja kami dari hari ke hari, kami akan dapat menjamin untuk menjaga dia (Messi) untuk terus menjadi pemain hebat seperti dia semestinya."

Martino juga mengatakan akan terus mempertahankan gaya bermain Barcelona yang mengandalkan penguasaan bola dan menyerang. | Manah Rusli | Foto: guardian.co.uk