Karena Kanker, Villanova Resmi Mundur dari Barcelona

Bola Mania - Tito Villanova secara resmi dinyatakan tak lagi melatih Barcelona. Pria 44 tahun itu mundur untuk fokus dalam usahanya mengobati kanker secara permanen.

Tito menggantikan Guardiola sebagai pelatih utama Barcelona musim kemarin. Satu tahun melatih tim Catalan itu, Tito mempersembahkan satu gelar La Liga.

Tito sebenarnya sudah dideteksi mengidap kanker sejak 2011 lalu. Pada periode Desember 2012 hingga awal Maret 2013, ia menjalani operasi pemulihan di New York. Saat itu, ia harus meninggalkan sementara jabatnnya sebagai pelatih utama Barcelona, dan diambil alih asistennya Jordi Roura. Setelah Maret, kondisinya sudah mulai pulih dan kembali melatih Barcelona hingga akhir musim.

Kabar Tito harus mundur secara permanen untuk fokus pada pemulihannya disampaikan langsung melalui konferensi pers yang dihadiri Presiden Barcelona Sandro Rossel dan Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta.

"Setelah melakukan evaluasi terhadip hasil cek rutin Tito Villanova, pilihan sudah muncul baginya bahwa ia sudah tak cocok untuk berjuang menghadapi penyakit dengan (tetap) bertindak sebagai pelatih utama Barcelona," kata Sandro Rossel sebagaimana dikutip dari Football Espana.

Untuk mengganti posisi Tito, Rossel menjanjikan pihak klub akan mengumumkannya dalam waktu sepekan.

Karena kondisi dan keputusan Tito yang mendadak, Barca memutuskan menunda sebuah laga pramusim dengan klub Polandia, Lechia Gdansk.

"Klub ini sudah menghadapi banyak cobaan, dan selalu dapat bangkit kembali. Kami memikirkan orang (yang ada di klub ) dulu, baru kemudian memikirkan klub (secara keseluruhan)." | Manah Rusli | Foto: bbc.co.uk