Low: Jerman dan Spanyol Tidak Dominan


Bola Mania - Semifinal Liga Champion menyisakan empat tim yang hanya berasal dari dua negara, Jerman dan Spanyol. Jerman diwakili oleh Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund, sedangkan Spanyol diwakili Barcelona dan Real Madrid.

Karena itu, banyak yang menilai Spanyol dan Jerman sedang mendominasi sepak bola Eropa. Namun hal itu tidak diamini oleh pelatih Jerman, Joachoim Low. Menurut Low, Inggris dan Italia masih belum bisa disingkirkan dari peta sepak bola Eropa.

"Untuk mengatakan mereka (tim dari Spanyol dan Jerman) mendominasi, masih perlu dibuktikan hal itu terjadi dalam beberapa tahun, seperti yang dilakukan oleh Bayern dan Barcelona," kata Low.

Dominasi Jerman dan Spanyol, seperti terlihat dalam semifinal Liga Champion musim ini, kata Low adalah momen sesaat dan tidak bisa dikatakan mereka telah mendominasi sepak bola Eropa.

"Saya yakin bahwa tim-tim dari Inggris, seperti Manchester United dan Chelsea, akan kembali ada di posisi atas. Italia juga telah menujukkan perkembangan dalam dua -tiga tahun terakhir. Kita juga tidak bisa melupakan Paris Saint Germain," kata Low.

Namun demikian, ia mengakui bahwa sepak bola Jerman memang sedang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. | Taufik Husni | Foto: topnews.com