Diimbangi PSG, Barca Tetap Lolos ke Semifinal


Bola Mania - Barcelona akhirnya memastikan diri lolos ke babak empat besar Liga Champion. Barca bermain imbang 1-1 melawan PSG di Camp Nou, Kamis, 11 April dini hari. Namun, Barca unggul secara aturan gol tandang lantaran mendapat hasil imbang 2-2 pada leg pertama pekan lalu.

Setelah babak pertama berakhir imbang 0-0, Barca langsung menggebrak ketika babak kedua dimulai. Sebuah terobosan langsung dilakukan melalui Jordi Alba menit 46. Sayang, tusukan itu hanya berbuah tendangan penjuru.

Justru PSG yang kemudian unggul duluan. Dari sebuah serangan balik, Ibra meberi umpan terobosan manis yang mampu dimaksimalkan Javier Pastore. Mengiring bola di depan kotak penalti lawan, ia hanya melakukan tendangan menyisir rumput pelan saat berhadapan dengan Valdes. PSG memimpin 0-1.

Tersengat gol itu, Barcelona mencoba melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan PSG. Sejumlah peluang didapat tim asuhan Villanova itu melalui Villa, Iniesta, maupun Alves. Namun kokohnya pertahanan PSG membuat sejumlah peluang itu terbuang sia-sia.

Untuk menambah daya dobrak, Barcelona bahkan memaksakan Lionel Messi untuk dalam pertandingan menit 60. Ia masuk menggantikan Fabregas berbarengan denganMarc Bartra yang masuk menggantikan Adriano.

Masuknya Messi mebuat alur serangan Barca kian hidup. Hanya berselang beberapa saat, Iniesta mendapat peluang emas tepat di depan kotak gawang. Sayang, tendangannya masih bisa dimentahkan Sirigu. Bola muntah sempat menciptakan kemelut di depan gawang, namun taka ada gol yang tercipta.

Selepas itu, PSg kembali mendapat peluang. Tendangan Pastore masih menyamping, sementara peluang Ibrahimovic masih bisa dihadang Vades menit 66.

Barca akhirnya betul-betul menyamakan kedudukan. Messi, yang baru masuk belum 10 menit di dalam lapangan menunjukkan kontribusinya dengan memberikan bola ke Villa. Oleh Villa, bola dikembalikan ke belakang dan Pedro datang menyambut umpan itu dengan tendangan keras. Kiper Salvatore Sirigu mencoba berekasi, tapi laju bola lebih cepat dan tak mampu dihadang Sirigu. Barca 1, PSG 1.

Selepas gol itu, permainan lebih banyak berkutat di lini tengah. Barcelona lebih memilih menguasai bola di lini sentral itu etimbang melakukan serangan sporadis.

PSG memasukkan Beckham untuk menambah daya dobrak. Namun tak ada perubahan berarti yang terjadi di lapangan. Barca tetap mendominasi. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan demikian, Barcelona berhak melaju ke babak semifinal dengan agregat 3-3 setelah hasil imbang 2-2 pada leg pertama di kandang PSG. Barca lolos karena lebih unggul dalam aturan gol kandang-tandang. | Taufik Husni | Foto: sportillustrated.com