Gol Tunggal Tevez Inspirasi Kemenangan Juventus atas Sampdoria

Bola Mania - Carlos Tevez memberikan alasan terbaik mengapa Juventus perlu mendatangkannya dari Man City. Bukan melalui komentarnya di luar lapangan, tapi melalui aksi-aksi pentingnya dan efek yang bisa dia hadirkan dalam pertandingan Juventus.

Dalam partai perdana Juventus di Seria A, Minggu (25/8) dini hari tadi, Tevez menjadi pahlawan kemenangan Juventus atas tamunya Sampdoria. Gol tunggalnya membuat Juvetus menyegel poin tiga, membawa Juve kini memimpin klasemen sementara Liga Italia bersama Hellas Verona yang secara mengejutkan mengalahkan AC Milan pada pertandingan lainnya.

Pertandingan sempat berjalan buntu pada babak pertama. Sampdoria memberikan perlawanan sengit di depan publik sendiri. Ditambah lagi cuaca dalam keadaan hujan, kedua tim tak mampu menciptakan gol pada babak pertama.

Carlos Tevez menjadi pahlawan kemenangan tim tamu pada babak kedua.  Kerjasama apik Vucinic-Vidal-Pogba diselesaikan dengan manis oleh Tevez menjadi gol.

Gol ini lahir dari sebuah skema serangan yang sangat rapi. Pada menit 58, Juventus menyerang melalui sisi kiri lapangan. Vucinic mengirim umpan datar yang diterima Vidal di depan kotak penalti. Dalam sekali sentuhan, umpan itu diteruskan melewati dua pemain bertahan ke kotak penalti Il Samp. Pogba yang menyusup ke tengah penalti berhasil menerima bola dan punya kesempatan untuk langsung menembak. Namun gelandang muda Prancis itu lebih memilih memberikan umpan ke Tevez yang berada di tengah dan, nama terakhir tinggal mencocor  bola ke gawang yang kosong. Gol. Juve memimpin 1-0.

Il Sampd yang tak mau tercoreng di depan publik sendiri langsung meningkatkan serangan. Pada menit 63, Eder sempat membobol gawang Buffon untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sayang, wasit menganulir gol itu karena pemain lainnya, Andrea Costa, terjebak offside terlebih dahulu.

Kedua tim juga masih sempat saling mengancam dalam sisa pertandingan. Namun hingga akhir pertandingan, tak ada lagi hol yang tercipta.

Kemenangan ini menjadi pembalasan dendam Juventus atas Sampdoria. Sekadar catatan, Sampdoria merupakan satu-satunya klub yang berhasil mengalahkan Juventus musim lalu.

Bagi Tevez sendiri, gol ini merupakan gol kedua dalam dua pertandingan resminya bersama Bianconerri. Sebelumnya, ia juga ikut mencetak satu gol saat mengalahkan Lazio 4-0 dalam Super Copa Italia. | Manah Rusli | Foto: theguardian.com