Juve Punya Taktik Baru, Dan Berhasil


Bola Mania - Ada yang menarik dari penampilan Juventus dalam laga melawan Lazio malam tadi. Pelatih Juventus, Antonio Conte, memainkan strategi baru yang tidak biasa digunakan.

Dalam pertandingan malam tadi, Juve memainkan satu penyerang dalam strategi 3-5-1-1. Strategi ini merupakan modifikasi dari strategi yang umum digunakan, 3-5-2.

Dalam strategi 3-5-1-1 ini, Conte memainkan Marchisio sebagai satu pemain di belakang penyerang. Sedangkan tempat Marchisio di trio lini tengah yang biasa diisi Marchisio dipercayakan kepada Paul Pogba.

Strategi itu berjalan baik jika melihat hasil akhir pertandingan. Juve menang 2-0 dengan dua gol yang dicetak Arturo Vidal.

Ini bukan kali pertama Antonio Conte mengutak-atik pakem taktik yang digunakan. Saat pertama datang ke Juve, Conte memakai strategi 4-4-2 yang lebih mirip 4-2-4. Namun dalam perjalanannya, Conte mengganti strategi Juve menjad 4-3-3. Strategi kembali berubah menjad 3-5-2 kemudian.

Menanggapi digunakannya 3-5-1-1 tadi malam, Conte pun punya jawaban khusus. "Tidak menjadi soal berapa striker yang dimainkan, tapi yang menjadi soal adalah seberapa banyak pemain yang memberikan kontribusi dalam membangun serangan," kata Conte dilansir Football Italia

Ia juga memuji penampilan Pangeran Turin itu dalam posisi barunya. "Marchisio mampu menjalankan peran ini. Ia membantu pertahanan dan menjadi striker ortodok ketika ia bergerak ke depan." | Taufik Husni | Foto: