"Apa Tujuanmu, Xavi?"

Bola Mania - Sebuah sesi wawancara digelar Uefa.com dengan gelandang tengah Barcelona, Xavi Hernandez. Transkrip dari wawancara itu kemudian dirilis dalam situs remi Barcelona, dengan rilis tertanggal 7 April 2013 hari ini.

Dalam wawancara itu, Xavi ditanyai banyak hal oleh tim media dari regulator sepak bola Eropa itu. Antara lain mengenai perempat final leg II Liga Champion melawan PSG nanti, comeback Villanova, hingga prestasi Barcelona era sekarang

Di antara berbagai pertanyaan itu, ada satu pertanyaan menarik tentang posisi Xavi sebagai seorang gelandang tengah Barcelona. "Sebagai seorang pemain tengah, apa yang selalu Anda coba lakukan ketika bermain? Apa tujuan Anda dalam setiap pertandingan?"

Mendapat pertanyaan itu, Xavi menjelaskan bahwa dalam setiap pertandingan, ia menganalisa setiap lawan yang akan dihadapi, dan membayangkan bagaimana lawan akan bermain saat menghadapi timnya.

"Saya berpikir kapan kami harus menjaga bola di tengah, dan kapan mereka (tim lawan) membuat kami harus membuktikan bahwa kami superior di sisi sayap. Banyak hal (yang saya lakukan). Saya mencoba membuat pertandingan mengalir, dan berpikir di mana kunci (untuk memenangkan) pertandingan, dan memberikan semua yang bisa diberikan sebagai seorang pemain veteran (berpengalaman), membantu rekan setim, membuat tim bermain sebagai sebuah kesatuan.

Sangat banyak hal yang saya lakukan. Yang jelas, saya mencoba tampil baik sebagai individu, dan membantu tim tampil baik dan menang." | Manah Rusli | Foto: fcbarcelona.com